KSR FKM UNDIP

Profil Divisi

1. DIVISI DORA

Divisi DORA ini merupakan salah satu divisi di KSR FKM UNDIP yang bergerak dibidang donor darah. Kami melaksanakan donor darah secara rutin setiap 3 bulan sekali yang bertempat di Fakultas Kesehatan Masyarakat. Selain itu, kami juga mempromosikan Donor Darah tidak hanya dalam lingkup Fakultas Kesehatan Masyarakat saja, tetapi juga Fakultas lain di Universitas Diponegoro bertujuan supaya masyarakat dan khalayak ramai mengetahui adanya pelaksanaan kegiatan donor darah dan tentu saja dapat ikut berkontribusi. Hal ini juga tentu saja didukung dengan melakukan berbagai promosi lewat media-media seperti pamflet, brosur, ataupun penyebaran bunga kepada masyarakat di lingkungan kampus.

Kami juga berencana dan memiliki program yang mengarah pada pelaksanaan Donor Darah diluar kampus FKM saat memperingati Ulang Tahun Donor Darah Internasional. Pada event inilah nantinya Donor Darah itu sendiri akan dapat lebih dikenal lagi oleh masyarakat luas. Sehingga kesadaran tentang pentingnya donor darah dapat membantu sesama yang membutuhkan pun akan meningkat. Mengutip pernyataan yang sudah sering terdengar, setetes darah anda sangat berguna. Ya, itu sangat benar !  if you Donate your blood, it means you give a life ! So, mari kita Donor Darah ! :D

2. DIVISI DIMAS

Salah satu tugas Perguruan Tinggi yang terkandung dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah Pengabdian Masyarakat. Sebagai sumber daya manusia yang sangat potensial dan strategis, mahasiswa dituntut untuk lebih peka dan berperan aktif dalam mengahadapi berbagai keseimbangan di lingkungan sekiatar.

Manusia adalah makhluk sosial, dengan demikian mahasiswa sebagai manusia tidak dapat hidup seorang diri, mahasiswa berada dalam kelompok yang disebut masyarakat.  Pada kenyataannya setiap anggota dalam masyarakat tidak berada dalam situasi atau keadaan yang sama. Oleh karena itu sudah menjadi kewajiban angggota masyarakat yang lain untuk membantu sesama yang sedang berada dalam keadaan yang tidak menguntungkan.

Hal ini yang dilakukan KSR PMI Unit FKM UNDIP sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat. Terdapat dua agenda kegiatan besar dari divisi Dimas tahun ini, yaitu Pelatihan Tanggap Bencana (PTB) dengan sasaran anak-anak Sekolah Dasar di wilayah Semarang, yang akan dilaksanakan sekitar bulan Juli. Dan Agenda kegiatan besar Dimas yang ke-2 yaitu Desa Tanggap Bencana yang akan dilaksanakan pada bulan November di wilayah Semarang. Mengingat wilayah yang kita tinggali merupakan daerah yang rawan terjadi bencana.

Kegiatan-kegiatan tersebut adalah pengaplikasian Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya dalam bidang pengabdian masyarakat, sehingga tercipta hubungan baik antara masyarakat dengan perguruan tinggi.

3. DIVISI DIKLAT

Divisi Diklat

Divisi Diklat merupakan sebuah divisi dalam UKK KSR PMI Unit FKM UNDIP yang berkecimpung didalam kegiatan pendidikan dan pelatihan bagi anggota KSR. Divisi Diklat bertugas menyiapkan materi untuk berlatih anggota KSR lainnya.

Salah satu program kerja Divisi Diklat yang menjadi kegiatan wajib Fakultas yaitu Pendidikan dan Latihan Dasar (DIKLATSAR), sebuah kegiatan yang diisi dengan materi – materi dasar kepalangmerahan dan diwajibkan bagi mahasiswa baru FKM UNDIP disetiap tahunnya. Kegiatan DIKLATSAR sebagai pengenalan tentang oraganisasi KSR yang berkecimpung di dunia sosial serta menjadi salah satu syarat seleksi bagi calon anggota UKK KSR PMI Unit FKM UNDIP.

Kegiatan lain dari Divisi Diklat yaitu Pendidikan Lapangan dan Pelantikan yang merupakan seleksi calon anggota KSR dan wajib diikuti untuk menjadi salah satu anggota UKK KSR PMI Unit FKM UNDIP.

Kegiatan Latihan rutin yang diadakan 2 bulan sekali dengan sasaran anggota KSR sendiri dengan dilatih oleh pelatih dari PMI. Kemudian Fire Safety, menjadi kegiatan yang berbeda dalam periode kepengurusan tahun 2011/2012 yang digawangi oleh anggota KSR angkatan 4 kali ini.

DIKLAT IS OUR SOUL ^O^/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Just another WordPress site